Gelombang Pasang Laut Selatan

syerem..pantai selatan jawa kembali bergejolak. Kali ini gelombang pasang yang menghantam hampir 11 pantai di sumatera dan jawa. Kerusakan parah terjadi di Pelabuhan ratu. Semoga saja Pangandaran tidak termasuk dalam pantai yang rusak lagi setelah tsunami setahun lalu

menurut jawapos.com, gelombang yang menghantam ini setinggi 3-5 meter. Pantai Kuta termasuk pula dalam pantai yang terkena ombak dahsyat ini.

Apa yang menyebabkan fenomena alam di Pantai Selatan itu? Ada beberapa versi untuk menjelaskan hal tersebut. Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) DI Jogja Tiar Prasetyo, gelombang tinggi yang terjadi kemarin pagi di sepanjang Pantai Selatan Jawa disebabkan adanya perbedaan tekanan udara antara tekanan tinggi di bagian barat Australia dan tekanan rendah di bagian selatan Lampung.Perbedaan tekanan udara itu menyebabkan bertiupnya angin kencang dari arah tenggara Australia menuju barat. Kecepatan itu cukup kencang, mencapai 30 knot. Kencangnya angin menyebabkan gelombang tinggi di sepanjang Pantai Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s