Berantem Di Bioskop!

Cuma cerita tercecer dari nonton Love Is Cinta, kemarin, di Plaza Senayan XXI. Hanya saja ceceran tidak penting ini tiba-tiba menggelitik saya untuk sedikit berceloteh. Perkara sepele namun bisa menjadi besar kalau memang tidak diterapkan. Etika nonton film di bioskop!

Cerita kemarin sih awalnya dari segerombol cewek-cewek anak kuliahan. Mungkin baru semester 2 atau tingkat 2. Wajah dan dandannya masih seger-seger. Mereka terlambat masuk bioskop karena filmnya sudah mulai. Beberapa teman mereka sudah terlebih dahulu datang. Begitu duduk, langsung deh suara berdengung, dari yang cekikikan dan bertanya-tanya. Waktu itu bioskop sepi, maklum baru hari pertama pemutaran dan studio sebelah masih rame muter Spiderman.

Saya yang duduk sebaris dengan mereka langsung terganggu. Tapi saya masih berdiam diri, karena saya pikir mereka akan segera bersopansantun setelahnya. Sayangnya obrolan mereka makin menjadi-jadi. Berkali-kali penonton di atas mereka bersssssssssst-ssssssssst ria untuk sekedar mengingatkan. Namun dasar bebal, cewek-cewek sok asyik ini malah terus berkicau. Penonton di bawah mereka sepertinya tidak sabar dan langsung berdiri dan mengingatkan mereka untuk diam. Berhasil…..cuma untuk beberapa menit.

Mungkin saking kesalnya penonton pria di depan mereka tadi mulai beragumen dan tidak jelas bagaimana kemudian, karena saya konsentrasi pada film yang diputar, salah satu cewek dari gang berisik itu tiba-tiba menangis, dan heloooooooooo suaranya itu lho..ngalahin Acha yang lagi nangis di layar. Sontak, seluruh isi bioskop mengarah pada gerombolan ini. Hasilnya si cewek yang nangis itu ngibrit sambil mengeluarkan sumpah serapah dan kalimat nista lainnya. Teman-temannya masih bertahan meski sepertinya dongkol dan tidak menikmati sisa film.

Seharusnya cewek-cewek tadi bisa menarik hikmah dari peristiwa kemarin itu. Bioskop tempat publik dan meskipun mereka bergerombol, tidak seharusnya mereka bersikap seenak udel. Etika menonton harus di jaga. Bersuara atau mengobrol dengan teman sepanjang film bisa jadi mengganggu kenyamanan penonton sebelahnya.belum lagi bunyi  Ponsel yang tidak dimatikan atau di silent. Masih di tambah kalau ada penonton jenis spoiler yang menyebalkan, makin mengesalkan. Jelas, kalau ada orang sewot dan memarahi mereka karena mereka tidak bersikap sopan, itu memang sudah hadiah untuk mereka!

2 thoughts on “Berantem Di Bioskop!

  1. mungkin aja mrk mo cari perhatian ama penonton laen (khusus cowo!!), tapi kan di dlm bioskop kan gelap tuch jd gimana mo keliatan…..hi9x makanya pd ngrumpinya keras2…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s